SELAMAT HARI IBU KE - 87

Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung pada tahun 1938 menyatakan bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Selanjutnya, dikukuhkan Pemerintah dengan Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional Bukan Hari Libur tertanggal 16 Desember 1959, yang menetapkan bahwa Hari Ibu tanggal 22 Desember merupakan Hari Nasional dan Bukan Hari Libur dan sebentar lagi tanggal 22 Desember 2015 kita akan memperingati Hari Ibu Ke - 87 Tahun 2015.

SELAMAT HARI IBU KE - 87

Tahun 1946 Badan ini menjadi Kongres Wanita Indonesia disingkat KOWANI, yang sampai saat ini berkiprah sesuai aspirasi dan tuntutan zaman. Peristiwa besar yang terjadi pada tanggal 22 Desember tersebut kemudian dijadikan tonggak sejarah bagi Kesatuan Pergerakan Perempuan Indonesia. Hari Ibu oleh bangsa Indonesia diperingati tidak hanya untuk menghargai jasa-jasa perempuan sebagai seorang Ibu, tetapi juga jasa perempuan secara menyeluruh, baik sebagai Ibu dan Istri maupun sebagai warga negara, warga masyarakat dan sebagai abdi Tuhan Yang Maha Esa, serta sebagai pejuang dalam merebut, menegakan dan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan nasional.

Peringatan Hari Ibu dimaksudkan untuk senantiasa untuk mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama Generasi Muda, akan makna Hari Ibu sebagai Hari Kebangkitan dan Persatuan dan Kesatuan Perjuangan Kaum Perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa. Untuk kita perlu diwarisi api semangat juang guna senantiasa mempertebal tekad untuk melajutkan perjuangan nasional menuju terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

Semangat perjuangan kaum perempuan Indonesia tersebut sebagai mana tercermin dalam lambang Hari Ibu berupa setangkai bunga melati dengan kuntumnya, yang menggambarkan :
  • Kasih Sayang Kodrati antara Ibu dan Anak;
  • Kekuatan, Kesucian antara Ibu dan pengorbanan anak;
  • Kesadaran wanita untuk menggalang kesatuan dan persatuan, Keikhlasan Bakti dalam pembangunan bangsa dan negara.

Semboyan pada Lambang Hari Ibu Merdeka Melaksanakan Dharma mengandung arti bahwa tercapainya persamaan kedudukan, hak, kewajiban dan kesempatan antara kaum perempuan dan kaum laki-laki merupakan kemitrasejajaran yang perlu diwujudkan dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi keutuhan, kemajuan dan kedamaian bangsa Indonesia.

SELAMAT MEMPERINGATI HARI IBU KE - 87 TAHUN 2015
22 Desember 2015

Demikian, semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kesalahan maupun kekurangan.
Share this article :
 
Home - Contact Us - Privacy Policy - Disclaimer - Peta Situs
Copyright © 2013. UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN JAYAKERTA
UPTD Pendidikan Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang
Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kode Pos 41352